Reksadana, Pilihan Terbaik Untuk Investasi Pemula

Mulai Investasi Reksadana dengan Modal Gratis, Mau?

Ada sebuah postingan artikel tentang reksadana di situs Duwitmu.com, penulisnya adalah Pak Rio. Beliau sekaligus pemilik situs tersebut, dan telah berpengalaman lebih dari 15 tahun di dunia Perbankan, Asuransi, Pasar Modal, serta Rencana Keuangan.

Melalui tulisannya beliau mengungkapkan, bahwa reksadana sangat cocok untuk investasi pemula

Ada beberapa alasan tentang hal tersebut, yaitu :

Pertama, adanya Manajer Investasi yang sudah berpengalaman dalam mengelola investasi untuk memastikan kinerja tercapai dan resiko terkelola dengan baik.

Kedua, minimum investasi Reksadana yang relatif kecil membuat investasi pemula bisa dilakukan dengan mudah dan eksposur resiko bisa dikontrol dengan jumlah yang kecil.

Ketiga, reksadana online cocok untuk kaum milineal yang sebagian besar adalah investasi pemula. 

Pengalaman investasi di reksadana bagi penulis sendiri sudah sejak tahun 2012, ketika waktu itu penulis bekerja di perbankan.

Penulis sudah pernah mencoba membeli reksadana via offline di bank secara langsung, pernah juga melalui reksadana melalui internet banking. Memesan melalui salesnya via email juga pernah, serta melalui aplikasi pun juga pernah. Pengalaman tersebut memang penulis akui terkesan agak ribet, jika dibandingkan dengan invest uang di channel reksadana online. Berdasarkan hal tersebut, makanya penulis memposting tulisan ini. 

Saat ini banyak sekali channel penjualan reksadana, salah satunya channel reksadana online. Untuk reksadana online, karena penulis sudah pernah mencoba melakukan investasi di sana dan sudah pernah pula melakukan penarikan investasi, maka penulis memberikan rekomendasi reksadana online yang perlu di coba untuk investasi pemula sobat adalah Ajaib.co.id.

Testimoni Investor Reksadana di Ajaib.co.id

Investasi sangat penting untuk masa depan, terutama generasi milenial. Investasi yang dilakukan bisa meringankan dampak inflasi yang terjadi, meningkatkan jumlah kekayaan pribadi, persiapan untuk pensiun, maupun untuk menunjang keperluan kehidupan kita dan keluarga di masa mendatang.

Menurut sebuah hasil research, terungkap bahwa hanya 0,4 % penduduk Indonesia yang saat ini berinvestasi. Hal tersebut disebabkan oleh banyak hal, terutama tidak punya waktu untuk belajar dan mengikuti perubahan pasar dan tidak tahu harus meminta saran kepada siapa. Kebanyakan solusi investasi yang ada, belum menjangkau sepenuhnya kepada generasi milenial. 

Hal inilah yang mendasari kehadiran Ajaib.co.id di tanah air. Terbukanya pintu akses terhadap investasi yang aman dan terpercaya yang menjadi misi utama salah satu channel reksadana online ini.

Penulis memberikan rekomendasi untuk investasi reksadana di Ajaib.co.id, bukan tanpa alasan. Berikut penjelasannya :

1. Investasi online Gratis, tanpa biaya transaksi dan penarikan
Investasi reksadana di Ajaib.co.id bisa tanpa modal alias gratis. Ini dengan syarat tertentu ya. Syaratnya cukup gampang kok.

Pertama, download aplikasi di play store pada link ini >> Aplikasi Ajaib.co.id

Kedua, Masukkan kode referensi " ripe582 "  Jika sobat tidak mencantumkan kode referensi ini, Anda akan bakalan rugi. Jangan mengulang kesalahan yang pernah saya lakukan ya. Saya pernah kelupaan mengisi kode referensi saat pendaftaran, sehingga bonus reksadana senilai Rp. 10.000,- tidak bisa saya dapatkan. 

Beli dan jual kembali reksadana di Ajaib.co.id tidak dipungut biaya, gratis tanpa syarat apa pun. So, misalkan kita beli reksadana Rp. 10.000,- sedangkan niat NAB reksadana A pada saat itu Rp. 1.000,- maka bulat uang investasi kita semuanya ditukar ke jumlah unit reksadana. Jadi sobat mendapatkan 10 unit reksadana ya. Jika beli di channel reksadana offline pasti ada biaya pembelian dan penjualan.

2. Desain tampilan sangat memudahkan bagi investor pemula
Desain tampilan sangat bagus dan mudah untuk menjalankannya. Orang awam sekalipun yang belum tahu cara investasi di reksadana pun InsyaAllah bisa menggunakannya.
 
3. Buka Akun online cuma 5 menit, tanpa dokumen fisik
Saya dulu ketika membuka reksadana di salah satu bank asing, membutuhkan banyak isi form, belum harus mempersiapkan beberapa materai 6000 dan copyan KTP serta NPWP. Buka reksadana di Ajaib.co.id tanpa perlu copyan dokumen fisik tersebut, cukup input nomor KTP dan Npwp saja. Simpel.

4. Rekomendasi pilihan reksadana terbaik dari para ahli, sesuai tingkat resiko investor
Saking banyaknya pilihan reksadana jangan membuat anda pusing dulu. Tenang ada tampilan beberapa jenis reksadana yang bisa anda pilih, tergantung profil resiko Anda.

Kembangkan Uangmu di Ajaib.co.id Aja !
Maksud dari Profil Resiko ?

Menurut Mandiri-investasi.co.id, profil resiko seseorang menggambarkan tingkat toleransinya terhadap resiko, atau sejauh mana ia dapat menanggung resiko. 

Profil resiko ini biasanya dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti faktor usia, lingkungan dan pemahaman mengenai investasi. 

Secara umum, terdapat tiga jenis kategori investor berdasarkan profil risikonya:
  • Konservatif/ Low/ Rendah
    Cenderung memilih instrumen investasi yang sangat aman dengan hasil yang sudah diketahui sebelumnya, misalnya deposito. Sedangkan untuk jenis instrumen berisiko seperti obligasi atau saham, dia hanya mengalokasikan sebagian kecil dari dana investasinya.
  • Moderat/ Sedang
    Cenderung berani mengambil risiko yang lebih besar, namun tetap berhati-hati dalam memilih jenis instrumen investasi, dan biasanya membatasi jumlah investasi pada instrumen berisiko.
  • Agresif/ High/ Tinggi
    Cenderung berani mengambil resiko yang lebih tinggi sehinga berani menempatkan sebagian besar dananya pada instrumen beresiko.
Kalau penulis sendiri cenderung Agresif/ High/Tinggi. Sehingga banyak mengambil reksadana yang instrumennya paling banyak di saham. Setiap orang tidak sama ya..

Ajaib.co.id akan memberikan beberapa tampilan Jenis reksadana, seperti tampilan reksadana terpopuler (banyak dibeli), Investasi bertema, Resiko terendah, Syariah, Saham, Obligasi dan campuran.

Khusus untuk reksadana bertema, Ajaib.co.id menampilkan Reksadana pilihan tergantung resiko :

1. Moderate High, ada banyak pilihan yaitu : Saham Syariah terbaik pilihan ahli, Investasi peduli sosial dan amal, saham terbaik pilihan para ahli, industri terbaik pilihan para ahli, 30 saham terbaik berdonasi sosial, dan Perusahaan BUMN Terbaik.

2. Low Moderate, yaitu : Obligasi Terbaik Pilihan Para Ahli, Obligasi Syariah, Surat Berharga Negara, dan Aneka Obligasi Negera.

3. Low, yaitu : Dana kas terbaik pilihan para ahli dan Investasi resiko terendah.

Ajaib, Terdaftar dan diawasi oleh OJK

Itulah sobat, Kenapa Reksadana menjadi pilihan terbaik untuk investasi pemula. Uang kita berkembang, resiko terukur, terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan lagi.

Silahkan digunakan kesempatan emas ini ya. Semoga bermanfaat. 
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Tips Pengiriman Makanan Melalui Jasa Pengiriman

5 Tips Pengiriman Batu Akik Via Jalur Udara